Friday 17 August 2018

Cara Setting Radio Ubiquiti M5 Sebagai Client

Di artikel sebelumnya saya pernah membahas cara setting radio ubiquity M5 Sebagai Client nah artikel kali ini bisa di bilang lanjutan dari artikel saya sebelumnya, kalau biasanya kita setting radio wireless terutama dari keluarga ubiquity hanya sebagai access point, repeater dan station saja yang notabene nya hanya bisa digunakan sebagai media koneksi untuk mendistribusikan jaringan internet atau secara singkat hanya digunakan untuk link utama koneksi internet saja.
Pada kesempatan ini saya akan sharing tentang cara setting radio ubiquity sebagai mode router, dalam arti kata radio wireless yang terpasang sebagai station yang menangkap sinyal dan tentunya koneksi internet dari Acess Point bisa berfungsi juga sebagai router yang memberikan ip address dhcp ke user yang ada di dalam jaringan lokal.

Cara Setting Radio Ubiquity Sebagai Mode Route

Langsung saja untuk cara setting nya silahkan masuk ke halaman konfigurasi radio dengan mengkases default IP 192.168.1.20atau dengan mengakses IP yang sudah sobat sesuaikan, kalau sudah masuk klik tab Network dan isikan parameter berikut :
Network Mode  : Router
WAN Interface  : WLAN0
IP address  : 172.20.1.175
Netmask  : 255.255.252.0
Gateway IP  : 172.20.0.1
Primary DNS I  : 203.128.x.x
Secondary DNS IP  : 103.30.x.x
NAT  : Enable
NAT Protocol  : Select All
Para parameter IP address, Netmask, Gateway IP dan DNS diatas harus disesuaikan dengan konfigurasi IP pada jaringan sobat.
Kalau sudah selesai mengisi IP address WAN sebaiknya jangan dulu klik tombol Change karena kita harus meng-konfigurasi IP address, Netmask, dan DHCP Server untuk user di jaringan lokal kita, silahkan isi parameter berikut untuk jaringan lokalnya
IP address : 192.168.200.1
Netmask  : 255.255.255.0
DHCP Server  : Enable
Range Start  : 192.168.200.10
Range End  : 192.168.200.254
Netmask  : 255.255.255.0
DNS Proxy  : Enable
Untuk lebih jelasnya silahkan lihat contoh seperti pada gambar dibawah
Kalau sudah selesai konfigurasi IP address WAN dan juga untuk jaringan lokal selanjutnya klik tombol Change dan klik Applyuntuk menyimpan perubahan konfigurasi.
Tunggu sampai proses nya selesai, sekarang coba sobat setting pengaturan IP address di laptop atau PC dengan opsi DHCP atau automatic IP kurang lebih hasilnya akan seperti ini.
Setelah laptop atau PC sobat mendapatkan IP address dari radio wireless yang kita set sebagai mode router, coba test koneksi ke gateway dengan perintah PING, klik Start ~> Run ~> ketik CMD kalau sobat pengguna OS windows, atau buka terminal dengan menekan tombol kombinasi CTRL+ALT+T kalau menggunakan system operasi berbasis linux.
Dari perintah PING ke gateway yang saya coba seperti gambar di atas hasilnya laptop saya sudah terkoneksi dengan baik ke router, silahkan sobat coba lakukan ping ke situs internet dan kalau hasilnya muncul pesan reply from berarti laptop sobat sudah terhubung ke internet.
Sampai tahap ini basic konfigurasi radio wireless sebagai mode router sudah selesai, selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Baca juga artikel menarik lainnya.

0 comments:

Post a Comment