Thursday 11 October 2018

Setting PowerBeam M5 400 Sebagai Client

PowerBeam M5 400 perodak keluaran Ubiquiti, sesuai dengan namanya prangkat ini memancarkan dan menerima sinyal di frekuensi 5Ghz, yang di mulai dari frekuensi 4920 sampai dengan 6100, alat ini biasa di gunakan oleh ISP (Internet Service Provider) sebagai pemancar atau sebagai penerima pada client, selain di gunakan sebagai pemancar atau penerima di sisi client alat ini juga kadang di jadikan sebagai Point to Point antar BTS atau tower untuk menyambungkan data atau internet dari satu titik ke titik lain, selain sebagai alat tranmisi data prodak ubiquiti hususnya PowerBeam M5 400 memiliki berbagai macam fitur untuk memudahkan administrator jaringan dalam perawatan atau maintenance.
Dalam kesempatan kali ini aya akan membahas salah satu fitur PowerBeam M5 400 yaitu konfigurasi sebagai client, untuk sekenario nya sebagai berikut, IP Address dari ISP 10.99.94.2 dengan subnet mask 255.255.255.0 dan gatewai 10.99.94.1 kemudian DNS 8.8.8.8, untuk IP Address LAN 192.168.1.1 subnet mask 255.255.255.0.
1. Untuk konfigurasi awal kita harus login dulu ke alat PowerBeam M5 400, caranya pastikan kita mengetahui IP Address Default PowerBeam M5 400, biasanya kalo prangkatnya masih baru IP nya 192.168.1.20, jika sebelumnya alat sudah ada yang setting dan kita tidak mengetahui IP Address nya, bisa kita reset dengan cara tekan tombol di belakang prangkat sampai lampu indikator menyala kedip - kedip.
Setelah mengetahi IP Address tinggal kita panggil prangkat PowerBeam M5 400 nya dengan cara, pastinkan adaptor telah terinstal Port POE terpasang kabel LAN dan terpasang ke PowerBeam m5 400 kemudian pada port LAN terpasang kabel LAN dan di sambungkan ke PC atau leptop kita, setelah semua terinstal kita konfigurasi Area Local Connection komputer kita isikan IP Address 192.168.1.21 dan subnet mask 255.255.255.0 untuk lebish jelasnya bisa perhatikan gambar di bawah ini.
Gambar 1
2. Setelah IP Address sudah di isikan pada Area Local Connection komputer, selanjutnya kita lakukan pengecekan, apakah sudah tersambung dengan dengan baik pada prangkat PowerBeam M5 400, caranya dengan PING dari komputer ke IP Address 192.168.1.20 jika reply tinggal kita panggil ip tersebut pada aplikasi browser, disini saua menggunakan aplikasi browser Google Crome, dengan menuliskan IP Address 192.168.1.20 pada kolom URL kemudian Enter maka akan muncul tampilan seperti pada gambar di bawah.
Gambar 2
Silahkan isi parameter yang ada pada tampilan Username : ubnt, Password : ubnt  , pilih Country atau negara yang kita kehendaki, untuk Language atau bahasa Englis aja, kemudian centang kotak kecil di atas kotak Login, setelah semua telah di isi keli Enter, maka tampilan awal akan seperti pada gambar dibawah.
Gambar 3
3. Tahap selanjutnya adalah konfigurasi menu wireless, jika sudah masuk di menu wireless kila langsung klik tombol select untuk mencari sinyal yang kita cari, sebagai contoh seperti Gambar 5 setelah sinyal ketemu silahkan pilih dengan mengklik kolom bulat kemudian pilih select juka sudah maka nama sinyal yang kita pilih tadi akan muncul pada kolom SSID di menu wireless jika pemancar memiliki password sisikan password pada kolom WPA Preshared Key, setelah semua beres tinggal klik CHANG dan Apply
Gambar 4
Gambar 5
4. setelah sinyal terkoneksi tinggal kita setting menu Network masukan IP WAN klik NAT kemudian Apply percis seperti gambar di bawah ini.
Semoga apa yang saya sampaikan kali ini bermanfaat untuk semua.

19 comments:

  1. Saya mengunakan powerbeam m5 dengan jarak 3,7km tapi tidak bisa tembus,dan saya gunakan kabel lan cat5 dengan panjang 20mt apakah kabelnya bisa bermasalah tolong penjelasannya sahabat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelum pemasangan prangkat di sisi client apa sudah di pastikan ga ada penghalang ke arah apNya om, untuk memastikan tidak ada penghalang bisa menggunakan aplikasi google earth.

      Delete
  2. Bos... saya menggunakan powerbeam m5 sebagai client dari hotspot mikrotik. Dan untuk local ditambah 1 accespoint sebagai pemancar sinyalnya... Bisa terhubung namun hanya 1 user id saja.... mohon pencerahan agar bisa semua user yang diberikan mikrotik bisa login... gmana caranya.... terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Settingan untuk power beamnya menggunakan mode apa om, bridbe apa routs. kemudian pemancar yang dibawah ngasih dhcp ga???

      Delete
  3. Bos...saya menggunakan Powerbeam m5 400...jarak 2.4 km tp kenapa cqq pada pemancar tidak setabil berubah2...juga ccq dari penerim juga berubah2...mohon pencerahan setingan yg baik...saya pakai tower untuk halangan tidak ada...

    ReplyDelete
    Replies
    1. KemungkinanNya ada 2 om yang pertama wilayah si om sudah terlalu banyak frekuensi yang memancar, sehingga pemancar si om kena interferesi, solusiNya coba geser frekuensi.
      Yang ke dua antena sisi ap terlelu dekat sama antena pemancar yang lain, solusinya geser pemancar, kasih jarak antara antena yg satu sama yg lain.

      Terimakasih sudah mau mampir di blog saya, jangan lupa juga mampir di channel YouTube Catatan Usang Teknisi :)

      Delete
  4. Untuk primary DNS kita isi bebas ya bang atau gmna?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo masalah dns bisa minta langsung ke ISP yang kita pasang, kalo engga ada biasa pake 8.8.8.8 atau dns google yang lainnya, bhkan kalo bosku kepengn blok situs2 wik wik bisa pake DNS NAWALA.

      Delete
  5. Mohon pencerahanya om..saya punya power beam M5 400 itu buat 5 klien bisa gak yah...

    Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sangat bisa bosku, yang siprangkat sisi client nya harus M5 juga

      Delete
  6. posisinya dia jadi ap atau sebagai client

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1 AP (access Poin)/Pemancar di terima oleh 5 (Station)/Client Penerima.
      Setau saya yang gaptek gitu. maaf om admin catatan Usang Teknisi.

      Delete
  7. bos mau tanya sinyal bagus trx nya bagus tapi nccq nya ko di bawah 70% ya bos

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo bisa maksimalkan sinyal sebagus mungkin, semakin bagus CCQ ngikut.

      Delete
    2. Mungkin pemilihan frekuensi yang kurang pas om.
      kalo mau caba cara saya ini om semoga membantu
      https://youtu.be/l20wNfYZkdA

      Delete
  8. Mau nanya om,,saya baru setting ap-repeter-client karena melewati gunung,da terhubing smua tapi tidak bisa mengakses internet,,tolong dijelasin om gmna caranya🙏🙏,,maksi sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf bau bisa balas, apa sudah di pastikan di sisi ap-repeter nya pada bagian menu Network Network ModeNya sudah bridge.
      oya si om pake prangkat apa???

      Delete
  9. Saya pakai powerbeam M5 sebagai penerima apakah bisa menerima frekuensi 2.4. mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  10. Apakah berpengaur jika powerbeam m5 400 menggunakan adaptor bukan aslinya

    ReplyDelete