Wednesday 8 August 2018

Setting OSPF Open Shortest Path First Single Area

Halo semuanya ada yang pernah dengar Open Shortest Path First atau yang di singkat dengan OSPF, kali ini saya akan kembali ngtak ngatik GNS3, namun pada kesempatan kali ini saya kan mencoba setting OSPF di GNS3 dengan satu sumber internet dan 3 Router Mikrotik topologi OSPF nya mengunakan topologi ring, bagi temen-temen yang belum sempat baca artikel saya yang sebelum nya tentang OSPF dan Routing Statc bisa lihat disini.
Sedikit mengulas tentang OSPF, OSPF merupakan sebuah routing protokol berjenis IGP yang hanya dapat bekerja dalam jaringan internal suatu ogranisas. Jaringan internal maksudnya adalah jaringan di mana kita masih memiliki hak untuk menggunakan, mengatur, dan memodifikasinya. Atau dengan kata lain, kita masih memiliki hak administrasi terhadap jaringan tersebut. Jika kita sudah tidak memiliki hak untuk menggunakan dan mengaturnya, maka jaringan tersebut dapat dikategorikan sebagai jaringan eksternal.
Untuk gambaran topologinya sebagai berikut
OSPF Single Area
Untuk IP Address bisa disesuaikan dengan kebutuhan temen-temen disini saya mengunakan ip address yang berbeda kelas, sedangkan untuk ip penghubung antar router mikrotik saya mengunakan seles tiga puluh /30.
Selanjutnya kita langsung ke setingan, disini saya tidak mengunakan winbox saya mengunakan CLI untuk mengkonfig router mikrotiknya, Untuk setingannya sebagai berikut.
Setting Mikrotik 1
ip address add address=192.168.137.2/24 interface=ether1
ip address add address=10.1.1.1/30 interface=ether2
ip address add address=10.1.3.2/30 interface=ether3
ip address add address=192.168.1.1/24 interface=ether4
ip dns set servers=8.8.8.8 allow-remote-requests=y
ip firewall nat add action=masquerade chain=srcnat
ip route add gateway=192.168.137.1
routing ospf interface add interface=ether2 cost=10
routing ospf interface add interface=ether3 cost=10
routing ospf network add network=10.1.1.0/30 area=backbone
routing ospf network add network=10.1.3.0/30 area=backbone
routing ospf set distribute-default=if-installed as type 2 redistribute-connected=as-type-2
Setting Mikrotik 2
ip address add address=10.1.1.2/30 interface=ether1
ip address add address=10.1.2.1/30 interface=ether2
ip address add address=192.168.2.1/24 interface=ether3
ip dns set servers=8.8.8.8 allow-remote-requests=y
ip firewall nat add action=masquerade chain=srcnat
routing ospf interface add interface=ether1 cost=10
routing ospf interface add interface=ether2 cost=10
routing ospf network add network=10.1.1.0/30 area=backbone
routing ospf network add network=10.1.2.0/30 area=backbone
routing ospf set distribute-default=if-installed as type 2 redistribute-connected=as-type-2
Setting Mikrotik 3
ip address add address=10.1.2.2/30 interface=ether1 
ip address add address=10.1.3.1/30 interface=ether2 
ip address add address=192.168.3.1/24 interface=ether3
ip dns set servers=8.8.8.8 allow-remote-requests=y
ip firewall nat add action=masquerade chain=srcnat 
routing ospf interface add interface=ether1 cost=10 
routing ospf interface add interface=ether2 cost=10
routing ospf network add network=10.2.2.0/30 area=backbone 
routing ospf network add network=10.1.3.0/30 area=backbone
routing ospf set distribute-default=if-installed as type 2 redistribute-connected=as-type-2
Jika settingan diatas sudah di pasang, kita lanjut pada pengecekan di tiga roter yang sudah saya seting, untuk pengecekan saya hanya akan melakuan ping dari tiap router ke ip yang berada di router tetangganya, oya jika temen-temen mau coba setingan ini saran saya jangan langsung copy paste semuanya, tapi per setingan aja takutnya terjadi eror, jika masih terjadi eror temen-temen bisa langsung seting menggunakan winbox dengan berpatokan pada perintah di atas. Kita langsung ke pengetesa.
Test Mikrotik 1
OSPF Single Area
Pengetesan pada mikrotik 1 saya hanya ping ip 192.168.2.1 yang berada di ether3 mikrotik 2 dan ip 10.1.2.1 pada ether2, ip ini yang nantinya akan menjadi gateway di mikrotik 3.

Test Mikrotik 2
OSPF Single Area
Untuk di mikrotik 2 saya melakunan ping ke ip yang berada di mikrotik 1 dan mikrotik 3 dan hasilnya temen-temen bisa liat pada gambar di atas.

Test Mikrotik 3
OSPF Single Area
Hal yang sama saya lakukan di mikrotik 3 saya ping ip yang berada di mikrotik 1 dan mikrotik 2 hasimyapun temen-temen bisa liat diatas.
Dari hasil pengetesan pada tiap-tiap router mikrotik semua ip yang di ping setatusnya reply atau jalan, kemudian kalo misalkan temen-temen memparaktekan di mikrotik yang sebenarnya temen-temen bisa langsung coba pengetesan di ether yang dihususkan untuk ether lokal, kalo disini ether yang mengarah ke lokal di mikrotik 1  adalah ether4, kemudian mikrotik 2 ether3 dan di mikrotik 3 ether3.
Naaaah selesai sudah settingan OSPF single area, semoga bermanfaat untuk temen-temen yang membutuhkan, oya mohon maaf kalo misalkan sedaksi postingan ini sangat belepotan maklum gaada besik penulis :), ahirkata kata dari saya LIHAT, PELAJARI, PERAKTEKAN dan jangan bosan mampir ke blog saya, blog yang sangat banyak kekurangannya.
Wasalam.........

0 comments:

Post a Comment