Wednesday 3 October 2018

Konfigurasi VLAN PowerBeam M5 400

Pada kesempatan kali ini saya akan kembali membahas vitur yang terdapat pada prangkat Ubiquiti hususnya pada radio PowerBeam M5 400, vitur yang akan saya bahas kali ini adalah VLAN (Virtual Lan), sebelum ke pembahasan ada baiknya kita mengetahui fungsi dan apa sebenarnya VLAN tersebut.
VLAN adalah adalah suatu model jaringan yang tidak terbatas pada lokasi fisik seperti LAN, hal ini mengakibatkan suatu network dapat dikonfigurasi secara virtual tanpa harus menuruti lokasi fisik peralatan. Penggunaan VLAN akan membuat pengaturan jaringan menjadi sangat fleksibel karena dapat dibuat segmen yang bergantung pada organisasi, tanpa bergantung lokasi workstations.
VLAN diciptakan untuk menyediakan layanan segmentasi secara tradisional disediakan oleh router di konfigurasi LAN. VLAN menangani masalah-masalah seperti skalabilitas, keamanan, dan manajemen jaringan.
  • Meminimalisir kemungkinan terjadinya konflik IP yang terlalu banyak.
  • Mencegah terjadinya collision domain (tabrakan domain).
  • Mengurangi tingkat vulnerabilities.

Setelah pembahasan mengenai vilan di atas telah di pahami selanjutnya kita akan langsung membahas Konvigurasi VLAN PowerBeam M5 400, untuk contoh topologi atau sekenario jaringannya sebagai berikut.

IP Address WAN / sumber internet 10.5.1.8 IP ini adalah IP Address yang di distribusikan oleh Router Gateway dan di simpan pada Interface Vlan, untuk IP Address Lan 192.168.1.1, hal pertama untuk melakukan Konfigurasi VLAN PowerBeam M5 400, kita harus login dulu ke perangkat Powerbeam kita, di sini saya asumsikan temen-temen sudah bisa konfigurasi Radio PowerBeam M5 400 sebagai client.

Untuk tahapan Konfigurasi VLAN PowerBeam m5 400 sebagai berikut:
Pertama : Silahkan login terlebih dahulu, setelah login pilih menu Network, pada Network Mode pilih mobe Router, kemudian bagian pada bagian Configuration Mone pilih Advanced, setelah tahapan diatas selesai silahkan cari menu VLAN Network ubah Interface menjadi WLAN0, untuk bagian VLAN ID isi dengan VLAN ID yang sudah sobat sediakan setelah konfigurasi VLAN Network selesai silahkan sobat klik add, untuk bagian Comment kosongkan aja. maka hasil dari konfigurasi awal tampilannya akan seperti berikut:
Kedua : Pada tahapan ini tnggal kita setting IP Address dan Lan PowerBeam M5 400, agar nanti bisa tersambung ke internet.
Masih di menu Network, pana bagian WAN Network Setting PowerBeam silahkan pilih Static isi dengan IP Adderss yang sobat sudah sediakn jangan lupa pada bagian Block management access pilih Disable bagian ini berfungsi untuk mengakses PowerBeam di luar jaringan LAN, jika sudah selanjutnya pada bagian LAN Network Setting pada bagian DHCP Server silahkan pilih Enable agar nanti perangakt yang dibawah LAN Network mendapatkan IP Address otomatis.
Setelah semua sudah di konfigurasi silahkan klik Change di pojok kanan bawah menu PowerBeam dan Apply pada pojok kanan atas Menu PowerBeam M5.
Sampai disini Konfigurasi VLAN PowerBeam M5 400 telah selesai,untuk konfihurasi Port Forwarding PowerBeam 400 bisa sobat pelajari disini,  selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Location: Banten, Indonesia

5 comments:

  1. Replies
    1. Untuk sett ap dengan Vlan maksudnya om, nanti saya coba eksperimen dulu kalo berhasil hasilnya pasti saya posting di blog ini.
      Makasih sudah mau mampir.
      Salam kenal

      Delete
    2. tinggal aktifin WDS nya doang kayaknya

      Delete
  2. setting vlan kok gk jalan. ppoe dial bukan di vlan tapi di bridge?

    ReplyDelete