Sunday 12 August 2018

Setting Radio Ubiquity PowerBeam Sebagai AccessPoint

Bahasan kali ini saya akan bahas salah satu prangkan network yang cukup populer dikalangan ISP Internet Service Provider, prangat ini sering digunakan sebagai repeater atau sebagai penerima sinyal di sisi client. prangkat yang akan saya bahas kali ini dalah Power Beam M5 sebagai Access Point. ada yang pernah dengar istulah access point ? kalo belum saya akan sedikit menjelaskan pengertian access point, acess point adalah salah satu prangkat jaringan yang dapat menghubungkan prangkat nirkabel dengan jaringan lokal dengan mengunakan teknologi wifi, blooetooth, dan lain - lain. Biasanya access poin menggunakan router, hub, atau switch sebagai prangkat keras untuk menghubungkan paranti nirkabel dengan jaringan lokal yang telah di buat oleh administrator.
Untuk tahap awal cara konfiguari powerbeam M5 kita harus mengetahui ip address prangkat tersebut yang nantinya akan kita panggil pada web browser, untuk prangkat ubnt biasanya mempunyai ip default 192.168.20, setelah kita mengetahui ip default nya tinggal kita seting PC kita atau leptop yang nantinya akan di gunakan sebagai alat untuk mengkonfig powerbeam.
Untuk seting leptop yang pertama kita masuk ke Local Area Connection klik dua kali nanti akan muncul Local Area Connection Properties pilih Internet Protocol Versin 4 (TCP/IPv4) setelah muncul silahkan isi kolom ip address dan subnet mask denagn IP Address 192.168.1.21 Subnet Mask 255.255.255.0, setelah konfig pc atau leptop selesai pastikan kabel lan dari prangkat powerbeam terhubung ke leptop, jika semua telah ter instal tinggal kita panggil ip default powerbeamnya di url web browser, nanti tampilannya akan seperti gambar di bawah ini.
Untuk login ke powerbeam usernya ubnt dan passwordnya ubnt setelah login tampilan awal nya seperti gambar di bawah ini.
Iampilan awal pada gambar di atas adalah tampilan yang sudah saya seting dan ada beberapa client yang terhubung pada prangkat access point saya, kalo alatnya masih baru semua indikatornya pasti tidak akan seperti gambar di atas, Selanjutnya kita akan konfig di bagian menu wireles bisa liat pada gambar di bawah.
Pada bagian ini tinggal sesuaikan dengan kebutuhan temen temen, pada bagian wireles mobe pilih Access Point, kemudian SSID sesuaikan dengan kebutuhan, pada bagian Frequency MHz sesuaikan dengan kebutuhan, dan yang terahir kita seting wireles security. Untuk bagian ini tingal temen - temen isi sesuai keinginan.
Bagian parameter network juga tinggal temen - temen isi sesai kebutuhan agar nantinya bisa di remote ketika sudah terinsatal pada roter, hub, atau switch. untuk tampilan menu network sebagai berikut.
Di tampilan gambar di atas saya mengunakan mode Bridge, untuk fungsi bridge nanti saya akan bahas pada postingan selanjutnya. Setelah diselesai bagin ini selesaia tinggal kita seting Inentiti radionya agar nanti pas pengecekan tiak pusing nyari prangkat yang kita seting ini tampilannya bisa liat di bawa.
selesai sudah cara setting radio ubnt power beam M5, tinggal temen - temen instal di prangkat jaringan temen - temen.
Semoga penjelasan ini bisa mudah di pahami, oya saya juga mohon maaf kalo redaksi nya sangat belepotan, ahir kata dari saya Wasalam.........

0 comments:

Post a Comment